Sabtu, 06 Juni 2015

Penjelasan Lengkap Tentang Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Khasiat bawang dayak adalah salah satu informasi yang sering dicari orang. Banyak dari mereka melakukan browsing, baik di google maupun di bing. Cara lain juga dilakukan seperti mencari literatur seperti buku, jurnal dan fakta berita tentang bawang dayak. Semua itu dilakukan untuk mencari penjelasan lengkap tentang khasiat bawang dayak untuk kesehatan..

Bawang Dayak adalah salah satu jenis dari tanaman di dataran tinggi yang sangat bermanfaat. Bahkan manfaat bawang dayak sudah terkenal di beberapa negara termasuk di Indonesia, terbukti dari beberapa penelitian dari dalam maupun luar negeri yang menyatakan bahwa khasiat bawang dayak dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif. Ini penjelasannya:

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui secara detail tentang khasiat dan manfaat bawang dayak, kami paparkan dulu gambar bawang dayak dan ciri-ciri dari tanaman bawang dayak:

Ciri-ciri tanaman bawang dayak:

  1. Tumbuh di dataran tinggi sekitar 600-1500 MDPL.
  2. Bagian yang dipergunakan untuk ditanaman adalah umbinya atau lebih dikenal dengan siung.
  3. Menyukai tanah yang banyak humus dan lembab.
  4. Tumbuh liar di hutan, namun kini banyak yang budidaya bawang dayak.
  5. Bunga berkelopak lima berwarna putih dan tumbuh pada saat gelap.
  6. Memiliki daun panjang dan beralur mirip dengan anggrek tanah.
  7. Umbinya berbentuk bulat lonjong dan berwarna merah, hampir mirip dengan bawang merah, makanya masyarakat sering mengatakan sebagai bawang merah dayak.
  8. Daun berbentuk pita panjangnya kurang lebih 15-20 cm dan lebar daunnya 2-5 cm menyerupai tanaman palem

Nama lain bawang dayak

Bawang dayak memiliki nama latin yaitu Eleutherine Americana Merr. Nama lain selain bawang dayak adalah bawang tiwai. Masyarakat juga sering menyebut bawang dayak sebagai bawang berlian. Berikut beberapa nama lain dari bawang dayak:

1.      Bawang Tiwai,
2.      Bawang Sabrang,
3.      Bawang Berlian,
4.      Bawang Borneo,
5.      Bawang Arab,
6.      Bawang Mekah,
7.      Bawang Merah Hutan,
8.      Bawang Kapal,
9.      Bawang Hantu,
10.  Bawang Hutan,
11.  Luluwa Sapi,
12.  Teki Sabrang,
13.  Bawang Lubak,
14.  Bawang Sayup dan
15.  Bawang Siyem.
16. Bawang Merah Dayak

Budidaya Bawang Dayak

Bawang dayak merupakan tanaman perdu. Tumbuhan ini dapat ditanam dengan mudah, dalam waktu 6 bulan umbinya sudah dapat dimanfaatkan (Herbone, 1987). Berdasarkan data empiris, bawang dayak dijadikan sebagai bahan baku jamu atau obat herbal, oleh karenanya, peluang bisnis budidaya bawang dayakpun cukup menggiurkan. Hal inilah yang menjadikannya banyak petani akhir akhir ini banyak yang membudidayakan bawang dayak.

Sebagai contoh masyarakat suku dayak,ditempat tersebut, bawang dayak sudah dijadikan sebagai salah satu obat tradisional. Mereka meyakini bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, kaker payudara, asma, stroke, myom, kista dan hipertensi. Saking tenarnya, bawang jenis tersebut dikenal dengan nama bawang dayak.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan


Secara morfologi tumbuhan bawang dayak merupakan semak, berumpun, tumbuhan semusim yang memiliki tinggi sekitar 50 cm. Karakteristik batang bawang dayak tumbuh tegak atau merunduk, basah dan berumbi. Tumbuhan ini menyukai tempat terbuka dan tanah akan kaya humus sekaligus tanah yang cukup lembab. Untuk menanamnya dengan menggunakan umbinya dengan cara membenamkan umbi ke dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 3 cm di bawah permukaan tanah yang telah digemburkan. Jarak tanam antar pohon berkisar 10 cm-20 cm. Kemudian diberi pupuk secukupnya. Bawang dayak dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Cara budidaya bawang dayak di daerah yang datar dan berair, perlu dibuatkan bedengan terlebih dahulu supaya akar dan umbi bawang tidak tergenang air dan menjadi busuk. Karena kalau bawang dayak kebanyakan air nanti akar dan umbinya bisa rusak dan membusuk.

Pupuk yang bagus untuk menanam bawang dayak yaitu pupuk kandang. Dengan pupuk kandang tanah menjadi gembur sehingga umbi lebih cepat besar dan lebih mudah saat panen. Apabila menggunakan pupuk kimia, setelahnya tanah perlu disiram dengan effective microorganisme (EM4) agar tidak menjadi keras.

Karakteristik daun bawang dayak berbentuk tunggal lonjong berujung runcing dengan pangkal yang tumpul, pertulangan menyirip, warna hijau (daun seperti tanaman anggrek tanah). Umbi bawang dayak pada umumnya berbentuk lonjong, bulat telur, merah seperti bawang merah dan tidak berbau sama sekali. Sedangkan bunga bawang dayak berbentuk tunggal, warna putih, berkelopak 6 dan mekar pada waktu sore hari dalam beberapa jam.

Ciri – ciri bawang dayak dapat dipanen yaitu masa tanam minimal 6 bulan, tanaman sudah mengeluarkan bunga, tinggi tanaman  20-40 cm, lebar 1,5-3 cm. Sekali panen, satu batang dapat menghasilkan 200 gram - 300 gram bawang dayak. Budidaya bawang dayak di lahan seluas 500 meter persegi (m²), sekali panen bisa menghasilakan sampai 200 kg bawang dayak basah. 

manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Dayak
Penyakit Anda Sembuh Tanpa Operasi

Khasiat bawang dayak sebagai pengobatan seperti pembunuh kanker sudah terbukti secara turun temurun. Hal ini dibuktikan banyaknya penjual bawang dayak dan banyak orang yang telah mengkonsumsi sebagai obat berbagai penyakit. Artinya dengan mengkonsumsi bawang dayak, penyakit kanker dapat sembuh tanpa operasi.

Diantara riset yang telah membuktikan dari Khasiat Bawang Dayak yaitu dari Fakultas Farmasi ITB Bandung yang meneliti tentang pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak. Hasil Riset menyatakan bahwa bawang dayak memiliki kandungan senyawa aktif seperti fenolik, gilkosida, alkaloid, flavonoid, tanin dan saponin. Salah satu kandungan senyawanya seperti flavonid terbukti berkhasiat sebagai antikanker, penangkap radikal bebas, mengurangi resiko penyakit kardiovaskukar, anti inflamasi dan antiviral.

Kebenaran Bawang Sabrang (Nama lain Bawang dayak) untuk obat kanker sudah terkenal sejak dulu. Berdasarkan hasil riset Petr Babula, peneliti berkebangsaan Republik Ceko menegaskan bahwa Bawang Sabrang juga mengandung senyawa naphtoquinones yang berperan sebagai anti kanker. 

Jika Anda, Keluarga Anda, Saudara Anda maupun Orang yang Anda sayangi menderita penyakit Kanker ???. Segera konsumsi dan pesan  sekarang dengan cara klik link Beli Bawang Dayak

Berita popularitas manfaat bawang dayak juga telah terbukti, salah satunya yaitu Ibu Titiek dari Jakarta. Ibu titiek telah membuktikan dengan mengkonsumsi bawang tiwai, penyakit kanker payudara nya sembuh. (Sumber: Kabar Nusa.com).

Khasiat Bawang Tiwai untuk Kesehatan

Khasiat bawang dayak selain dikenal sebagai obat berbagai jenis penyakit kanker, bahkan Bawang dayak juga dapat mengobati penyakit ringan, berbahaya, bahkan mematikan seperti jantung koroner, hipertensi maupun diabetes mellitus. Berikut kami paparkan beberapa manfaat bawang dayak:

1.      Dapat mengobati penyakit Kanker,
2.      Jantung Koroner,
3.      Darah Tinggi,
4.      Penangkap radikal bebas,
5.  Mengurangi resiko penyakit kardiovaskukar,
6.      Anti inflamasi,
7.      Antiviral,
8.      Tuberkulosis,
9.      Ambein,
10.Peluruh Lemak (Cocok untuk yang sedang diet),
11.  Bisul,
12.  Hepatitis,
13.  Bronkitis,
14.  Radang Rektum,
15.  Asam Urat,
16.  Radang Prostat,
17.  Amandel,
18.  Asma,
19.  Darah Rendah,
20.  Epilepsi,
21.  Ganguan pencernaan lambung,
22.  Gangguan seksual,
23.  Ginjal,
24.  Gondok,
25.  Insomnia,
26.  Kanker Paru-Paru,
27.  Kanker Payudara,
28.  Kanker Kelenjar Getah Bening,
29.  Kanker Rahim,
30.  Kanker Usus,
31.  Keputihan,
32.  Kista,
33.  Kolesterol,
34.  Maag,
35.  Migran,
36.  Myom,
37.  Obat Muntah,
38.  Vertigo,
39.  TBC,
40.  Stroke,
41.  Stamina,
42.  Sakit Pinggang dan
43. Melipatgandakan Gairah Seksual.

Himawan dari Fakultas kedokteran Universitas Sumatra Utara menyatakan bahwa ekstrak bawang dayak mampu mematikan sel kanker rahim perempuan. Bawang Tiwai atau Bawang Berlian juga sering disebut sebagai pengobatan alternatif atau obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif. Prof Sidik seorang Guru Besar Farmasi Universitas Padjajaran juga berpendapat bahwa bawang dayak mengandung senyawa alisin yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah. Berarti berdasarkan penyataan Beliau bahwa Bawang borneo juga berkhasiat mengobati penyakit hipertensi dan diabaetes.

Testimoni Bawang Dayak

Jika anda masih ragu dengan kebermanfaatan bawang dayak sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit, kami persilahkan Anda bisa memperbanyak literatur bacaan tentang manfaat bawang dayak, karena Menurut WHO, Sekitar 25 % Obat modern berasal dari tanaman obat.

jual bawang dayak



Kasiat dan Manfaat Bawang Dayak

Berdasarkan hasil riset dari Tim Uji Klinis Yayasan Kanker Indonesia di Sidoarjo Jawa Timur bawang dayak terbukti selain dapat mengobati penyakit diatas, kandungan bawang dayak mempunyai keistimewaan yaitu tidak mengandung gula, penyedap, ragi pewarna maupun zat pengawet, jadi aman dikonsumsi karena tidak ada efek samping.

Pesan Sekarang Juga,
Berikut Daftar Harga Kami :

1.Bawang Dayak Kering Rajangan Rp. 150.000 Per Kg
2. Bawang Dayak Serbuk Rp. 200.000 Per Kg
3. Bibit Bawang Dayak Rp. 90.000 Per Box isi 50 Bibit Siung
(Harga belum termasuk ongkos kirim)

Garansi-Garansi yang Kami Berikan
  1. Kami tidak menjamin Anda akan sembuh total atau tercegah dari   penyakit diatas, karena kami yakin, yang dapat memberikan kesembuhan penyakit adalah Tuhan. Manusia hanya berupaya seperti halnya dokter. Namun jika Anda membiasakan hidup sehat dan rutin konsumsi bawang tiwai seperti anjuran kami, Atas kehendak Tuhan, sembuh dan tercegah.
  2. Kami menjamin apabila dalam pemesanan barang 15 Kg namun ketika sampai tujuan ternyata tidak ada 15 Kg dikarenakan keteledoran kami atau jasa pengiriman dengan ditunjukan bukti foto ke Pin BB kami 528E7C52, maka kami akan mengganti kekurangannya

Berdasarkan permintaan pelanggan, untuk sekarang nomor resi kami kirimkan langsung fotonya di nomor WhatsApp Anda

Format Pemesanan :
Bawang-dayak.com# Nama Lengkap# Alamat Lengkap# Nomer HP Aktif# Jumlah Kg yang dipesan# Tipe bawang dayak (Kering Rajangan, Serbuk, Bibit)# Keterangan lain jika ada. Kirim Ke 085727812151.

Contoh:
Bawang-dayak.com# Muhammad Solihin# Desa Pasar banggi Rt. 02 Rw. 03 Kec. Rembang Kab. Rembang Jawa Tengah 59219# 085727812151# 5 Kg Serbuk Bawang Dayak # Minta Nomor Rekening BCA. Kirim Ke 085727812151

Penting di Baca :
  1. Lakukan pemesanan sesuai format yang kami berikan.
  2. Selanjutnya kami akan membalas SMS/WA Anda (Keterangan waktu kapan pesanan dikirim, total transfer dan nomer rekening kami).
  3. Lalu anda dapat melakukan transfer ke salah satu rekening yang kami berikan.
  4. Setelah anda transfer, jangan lupa untuk konfirmasi di bank mana Anda transfer.
  5. Kemudian setelah barang kami kirim, selanjutnya kami akan informasikan No Resi nya kepada Anda.
  6. Pengiriman dilakukan setiap hari, kecuali hari minggu dan tanggal merah.
  7. Setelah barang sampai, mohon segera konfirmasi.

 Cara Konsumsi Bawang Dayak:


Bawang Dayak Kering Rajangan

2 Sendok Makan Bawang Dayak di cuci dengan air bersih, Kemudian seduh dengan air panas sebanyak 200 mili liter, tunggu beberapa saat hingga air berwarna kemerahan dan bawang dayak siap dikonsumsi.

Bawang Dayak Segar

Ambil 5-7 siung bawang dayak segar, cuci bersih lalu iris tipis-tipis. Rebusan irisan bawang dayak terserbut dengan 3 gelas air atau 600 mili liter, tunggu hingga air tinggal 2 gelas. Minumlah air rebusan tersebut 2-3 kali sehari hingga habis. Selama Anda mengkonsumsi air rebusan bawang dayak segar, hindarilah makanan/minuman yang mengandung alkohol, lemak, karbonasi, penyedap dan jenis makanan yang mengandung fermentasi.

Bubuk Bawang Dayak

Ambil secukupnya pakai sendok serbuk bawang dayak. Seduh dengan air hangat dalam gelas. Aduk sampai rata dan siap konsumsi. Kalau terasa pahit, bisa di tambah madu. Asal madu murni atau gula stevia.

Penting :
1.      Lama penyimpanan antara 2 hingga 3 bulan, asalkan disimpan ditempat yang kering dan bersih (tidak lembab).
2.      Jika dikonsumsi 3 kali sehari, satu kilogram bawang dayak bisa cukup untuk kebutuhan konsumsi antara 2 hingga 3 minggu.

Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Bawang Dayak

1.      Samakah Bawang dayak dengan bawang tiwai, Bawang Berlian, bawang Sabrang, Bawang Mekah dan Bawang Arab ?

Sama, Dari beberapa nama diatas, kesemuanya adalah nama lain dari bawang tiwai.

2.      Bagaimana Ciri-Ciri Bawang Dayak ?
·         Bentuk daun seperti pita atau garis.
·         Tanaman ini memiliki umbi merah menyala dengan permukaan yang sangat licin.
·         Komposisi daun bersirip ganda dan letak daunnya berpasangan.
·         Memiliki bunga putih sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias.
·         Sepintas, hampir tidak bisa dibedakan dengan bawang merah yang kita kenal.

3.      Adakah refrensi atau literature yang menyatakan bahwa Bawang Dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti yang disebutkan?

Banyak sekali literature seperti buku maupun jurnal penelitian yang menyatakan bahwa bawang dayak kaya manfaat dan bisa mengobati berbagai penyakit. Salah satunya dapat dibaca buku berjudul “Bawang Dayak Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit”, Karya Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt. dan Razimin, S.Si., Apt yang diterbitkan oleh Agro Media Pustaka. Di dalam buku tersebut dijelaskan beberapa testimony tentang keampuhan bawang Dayak.

Itulah beberapa penjelasan lengkap tentang khasiat bawang dayak untuk kesehatan yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat.

Hormat Kami

Muhammad Solihin M. Pd.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter